4 Cara Cek Sertifikat Vaksin Tanpa Aplikasi PeduliLindungi | Spacetoon.co.id

4 Cara Cek Sertifikat Vaksin Tanpa Aplikasi PeduliLindungi | Spacetoon.co.id

Sedang Trending 2 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

Pandemi Covid-19 tetap terus bersambung dan tidak ada informasi pasti kapan pandemi ini bakal berakhir. Selama pandemi ini berlanjut, peran sertifikat vaksin Covid-19 tetap vital. Karena tetap vitalnya perang sertifikat vaksin C-19 tersebut, krusial mengetahui langkah download dan cek sertifikat vaksin Covid-19.

Sertifikat vaksin diperlukan untuk mengakses beberapa layanan dan tempat publik. Jika Kamu tidak tahu langkah mendownload sertifikat vaksin C-19, maka Kamu tidak bakal bisa menunjukkan bahwa Kamu telah divaksinasi. Hal tersebut tentu bakal berakibat pada kegagalanmu mengakses banyak akomodasi publik.

Pada praktiknya, memang terdapat beberapa hambatan nan mengakibatkan sertifikat tidak muncul meski sudah divaksinasi.Jika perihal tersebut terjadi pada Kamu, maka tidak perlu panik. Selalu ada jalan keluar dan solusi dari kandas download maupun tidak tampilnya vaksin Covoid-19 meskipun vaksinasi telah dilakukan.

Apa Itu Sertifikat Vaksin Covid-19?

Apa-Itu-Sertifikat-Vaksin-Covid-19

Sertifikat vaksin Covid-19 adalah tanda bukti bahwa seseorang telah sukses divaksinasi Covid-19. Sertifikat vaksin Covid-19 ini bakal diberikan setelah Kamu sukses melakukan vaksinasi C-19. Pada umumnya, sertifikat vaksin Covid-19 ini tersedia dan bisa Kamu lihat di aplikasi dan website PeduliLindungi.

PeduliLindungi sendiri memang merupakan platform dimana semua informasi vaksin di Indonesia tersedia. Kendati demikian, Kamu tetap bisa mendapatkan informasi sertifikat vaksin melalui SMS alias Chatbot WhatsApp PeduliLindungi. Sertifikat ini bakal diberikan setiap Kamu sukses melakukan vaksinasi 3 tahap.

Artinya, Kamu bakal mendapatkan sertifikat vaksin Covid-19 tahap 1 sampai 3. Sertifikat vaksin Covid-19 berbentuk integer dan bisa Kamu cetak sendiri. Sertifikat ini berisi informasi berupa nama, NIK, tanggal lahir, ID sertifikat, dan keterangan telah melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap pertama, kedua, dan alias ketiga.

Selain itu, Kamu juga bisa memandang kode QR beserta beragam lambang lembaga negara. Sertifikat vaksin Covid-19 memegang peran captious jika Kamu mau mengakses beberapa tempat, contohnya mol. Selain itu, sertifikat vaksin Covid-19 juga menjadi syarat akses terhadap beberapa akomodasi alias layanan publik.

Untuk Apa Sertifikat Vaksin Covid-19?

Untuk-Apa-Sertifikat-Vaksin-Covid-19

Seseorang nan telah mempunyai sertifikat vaksin C-19 (apapun tahapnya) mempunyai akses terhadap beberapa tempat dan layanan publik. Yang captious dari sertifikat vaksin C-19 ini adalah kebenaran bahwa pembatasan akses dan akomodasi publik bertindak pada siapapun nan tidak memilikinya. Aturan ini adalah kebenaran dan resmi.

Sampai pandemi berakhir, sertifikat vaksin C-19 ini bakal memberikan 5 faedah pada setiap pemiliknya.

1. Syarat Menggunakan Transportasi Umum

Inilah nan mungkin bisa dikatakan kenapa sertifikat vaksin Covid-19 begitu captious di masa pandemi. Sertifikat vaksin Covid-19 merupakan syarat wajib untuk bisa mengakses layanan transportasi umum. Sebelumnya, orang bisa bebas melakukan perjalanan melalui kereta api, kapal laut, dan pesawat terbang.

Di era pandemi ini, agar bisa berjalan dengan transportasi umum tersebut Kamu kudu mempunyai dan menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19. Jika tidak, maka Kamu tidak bakal bisa mengakses akomodasi transportasi umum tersebut. Konsekuensi, kendaraan pribadi mau tidak mau adalah pilihan rasionalmu.

2. Syarat Mengakses Area/Gedung Publik

Alasan kedua kenapa Kamu kudu mengetahui langkah download dan cek sertifikat vaksin Covid-19 adalah adanya kebenaran bahwa akses beberapa tempat kudu menggunakan sertifikat vaksin Covid-19 tersebut. Beberapa akomodasi publik, contohnya mol, restoran, pusat kebugaran, tempat wisata termasuk di sini.

Memang, tidak semua tempat publik mewajibkan persyaratan sertifikat vaksin Covid-19 untuk bisa mengakses akomodasi nan ada di dalamnya. Namun, di kota-kota besar persyaratan sertifikat vaksin Covid-19 ini bisa disebut wajib dan luas cakupannya dan tidak hanya diterapkan di beberapa tempa saja.

3. Syarat Mengikuti Kegiatan

Menghadiri pernikahan, menonton konser musik, menonton pertandingan sepak bola, dan ikut dalam kegiatan tertentu di era pandemi ini bisa menjadi kegiatan nan hanya bisa dilakukan oleh orang-orang nan telah divaksinasi. Cara menunjukkan bahwa Kamu sudah divaksinasi tentu saja melalui sertifikat.

Memang tidak semua menerapkan patokan tersebut, tetapi jika persyaratan tersebut diterapkan dan Kamu mempunyai sertifikat vaksin Covid-19, maka perihal tersebut tidak menjadi masalah. Berpartisipasi dalam proyek alias kampanye perusahaan juga biasanya tidak jarang mewajibkan syarat mempunyai sertifikat vaksin C-19.

3 perihal di atas, rasanya sudah cukup untuk menjelaskan kenapa orang-orang memerlukan sertifikat vaksin C-19. Sudah divaksin tetapi tidak tahu caranya memperlihatkan sertifikat vaksin merupakan kesalahan. Jika tetap bingung gimana caranya, segera cari pedoman cek dan download sertifikat vaksin C-19.

Panduan 4 Cara Download dan Cek Sertifikat Vaksin Covid-19

Panduan-4-Cara-Download-dan-Cek-Sertifikat-Vaksin-Covid-19

Terdapat 4 langkah untuk mendownload dan mengecek sertifikat vaksin Covid-19. Cara pertama adalah dengan memanfaatkan website PeduliLindungi. Cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi Android/iOS PeduliLindungi. Cara ketiga adalah dengan mengirim dan menerima SMS ke/dari nomor 1199.

Cara keempat sekaligus terakhir adalah dengan mengontak chatbot WhatsApp PeduliLindungi. Semua langkah nan telah disebutkan tersebut sudah teruji. Kamu tidak perlu cemas mengenai kebenaran ke4 langkah tersebut. Kamu hanya perlu memilih langkah mana nan dianggap paling mudah dan sigap untuk dilakukan.

Berikut adalah langkah mendownload dan mengecek sertifikat vaksin Covid-19 melalui 4 langkah nan berbeda.

1. Melalui Aplikasi PeduliLindungi

Mengecek dan mendownload sertifikat vaksin Covid-19 melalui aplikasi PeduliLindungi merupakan langkah mainstreamyang lazim dilakukan banyak orang. Melalui aplikasi ini, Kamu bisa memandang sertifikat vaksin Covid-19 sekaligus melakukan download secara tidak terbatas. Sertifikat vaksin Covid-19 selalu ada di sini.

Aplikasi PeduliLindungi merupakan aplikasi dengan faedah nan besar di era pandemi C-19. Banyak faedah nan bisa Kamu dapatkan dengan menggunakan aplikasi ini. Jadi, Kamu direkomendasikan untuk menggunakan dan mempunyai aplikasi ini dengan tujuan bukan sekadar untuk memandang sertifikat vaksin saja.

Aplikasi PeduliLindung tersedia cuma-cuma di Apple App Store (iOS) dan Google Play Store (Android). Aplikasi ini bekerja ringan dan tidak membebani HP apapun. Selama smartphone dan jaringan net tersedia, rasanya mengecek dan mendownload sertifikat vaksin Covid-19 melalui aplikasi ini adalah langkah terbaik.

Berikut adalah langkah download dan cek sertifikat vaksin Covid-19 melalui aplikasi PeduliLindungi.

  • Download dan instal terlebih dahulua aplikasi PeduliLindungi.
  • Jika sudah, maka buka aplikasi tersebut.
  • Masuk ke dalam aplikasi dengan mengetik nomor HP nan telah Kamu daftarkan saat vaksinasi Covid-19 dilakukan.
  • Selanjutnya, Kamu bakal mendapatkan SMS berisi kode OTP 6 digit.
  • Ketik kode OTP 6 digit tersebut untuk menyelesaikan verifikasi.
  • Kamu sukses masuk ke aplikasi PeduliLindungi.
  • Di laman utama aplikasi, pilih opsi Sertifikat Vaksin.
  • Kemudian, ketuk Nama.
  • Jika sudah tersedia, maka sertifikat vaksin Covid-19 milikmu bakal tampil di sana.
  • Kamu sukses mengecek sertifikat vaksin.
  • Untuk mendownload sertifikat tersebut, ketuk Unduh (sudut kanan bawah).
  • Tunggu sampai sertifikat vaksin didownload.
  • Sertifikat vaksin Covid-19 sekarang sudah sukses disimpan di HP Kamu.

2. Melalui Website PeduliLindungi

PeduliLindungi juga datang dalam corak website. Selain melalui aplikasinya, mengecek dan mendownload sertifikat vaksin Covid-19 nan juga mudah dilakukan adalah melalui situs ini. Di situs PeduliLindungi ini, Kamu juga bisa mengakses beragam informasi terkait pandemi Covid-19 dan rekam kesehatanmu.

Kamu bisa membuka dan menggunakan situs ini melalui HP mapun PC. Verifikasi via SMS dan email bakal menjadi syarat bisa masuk ke akun PeduliLindungi. Di luar perihal tersebut tidak ada nan membikin pengecekan dan pengunduhan sertifikat vaksin Covid-19 di sana menjadi sesuatu nan susah dilakukan.

Berikut adalah langkah mendownload dan mengecek sertifikat vaksin Covid-19 melalui situs PeduliLindungi.

  • Buka aplikasi web browser di HP alias PC Kamu.
  • Selanjutnya, buka website PeduliLindungi.
  • Alamatnya website ada di sini: https://www.pedulilindungi.id/.
  • Di sana, pada teks Sudah melakukan vaksinasi COVID-19…, klik saja Di Sini.
  • Kamu bisa memasukkan alamat email alias nomor telepon nan digunakan ketika vaksinasi.
  • Silakan masukkan salah satu.
  • Kamu bakal mengerikan kode OTP 6 digit nan dikirim via SMS alias email.
  • Masukkan kode OTP tersebut dan selesaikan proses verifikasi.
  • Kemudian, klik I’m not a robot dan selesaikan CAPTCHA.
  • Jika sudah, klik Masuk.
  • Sekarang, klik paper Nama Akun (sudut kanan atas).
  • Klik Sertifikat Vaksin dan pilih Nama.
  • Jika sudah tersedia, maka sertifikat vaksin Covid-19 milikmu bakal tampil di sana.
  • Untuk mendownload sertifikat tersebut, klik Unduh.
  • Tunggu sampai sertifikat vaksin didownload.
  • Sertifikat vaksin Covid-19 sekarang sudah sukses disimpan di HP alias PC Kamu.

3. Melalui SMS Nomor 1199

Kamu bisa mengecek dan mengunduh sertifikat vaksin Covid-19 melalui SMS nomor 1199. Sebenarnya, SMS dari nomor 1199 ini bakal Kamu dapat setelah vaksinasi sukses (tahap manapun) dilakukan. Kemudian, bakal diberi tautan berisi sertifikat vaksin C-19 nan bisa diakses melalui situs PeduliLindungi.

Dari sana, Kamu bisa mengakses sertifikat vaksin Covid-19 dengan masuk ke akun PeduliLindungi nan Kamu miliki. Prosedurnya sama saja dengan langkah sebelumnya. Hanya saja nan berbeda adalah proses mengakses situs tersebut. Berikut adalah langkah download dan cek sertifikat vaksin C-19 melalui SMS.

  • Setelah Kamu sukses melakukan vaksinasi Covid-19, Kamu bakal mendapatkan SMS dari 1199.
  • Isi dari SMS tersebut selain memberi tahu agenda vaksinasi kedua juga menyertakan tautan nan berisi sertifikat vaksin Covid-19.
  • Kamu hanya perlu ketuk saja tautan tersebut.
  • Kamu bakal diarahkan ke website PeduliLindungi.
  • Selanjutnya, Kamu hanya perlu mengulang langkah cek sertifikat melalui situs tersebut.
  • Untuk lebih jelas, berikut adalah panduannya.
  • Kamu bisa memasukkan alamat email alias nomor telepon nan digunakan ketika vaksinasi.
  • Silakan masukkan salah satu.
  • Kamu bakal menerima kode OTP 6 digit nan dikirim via SMS alias email.
  • Masukkan kode OTP tersebut dan selesaikan proses verifikasi.
  • Kemudian, klik I’m not a robot dan selesaikan CAPTCHA.
  • Jika sudah, klik Masuk.
  • Sekarang, klik paper Nama Akun (sudut kanan atas).
  • Klik Sertifikat Vaksin dan pilih Nama.
  • Jika sudah tersedia, maka sertifikat vaksin Covid-19 milikmu bakal tampil di sana.
  • Untuk mendownload sertifikat tersebut, klik Unduh.
  • Tunggu sampai sertifikat vaksin didownload.
  • Sertifikat vaksin Covid-19 sekarang sudah sukses disimpan di HP.

4. Melalui Chatbot WhatsApp Kemenkes RI

Telah tersedia Chatbot WhatsApp resmi Kemenkes RI nan bakal melayani keluhan maupun permintaan pengecekan sertifikat vaksin Covid-19. Selain pengecekan, Kamu juga bisa mengunduh sertifikat vaksin Covid-19 di sana. Namun, Kamu tetap kudu memasukkan informasi nan terdaftar di PeduliLindungi.

Berikut langkah mendownload dan mengecek sertifikat vaksin Covid-19 melalui Chatbot WA Kemenkes RI.

  • Buka aplikasi WhatsApp di HP-mu.
  • Kemudian kontan WA Kemenkes RI di nomor 081110500567.
  • Di sana, Anda diminta memasukkan nomor HP nan terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi.
  • Kamu bakal mendapatkan SMS berupa kode OTP 6 digit.
  • Selanjutnya, Kamu tinggal masukkan kode OTP tersebut.
  • Jika sudah, Kamu ketuk saja Download Sertifikat.
  • Silakan masukkan nama dan NIK nan terdaftar pada akun PeduliLindungi.
  • Kamu hanya perlu memilih sertifikat vaksin Covid-19 mana nan bakal diunduh.
  • Sertifikat tersebut sekarang telah sukses ada di HP-mu.

Bagaimana Jika Sertifikat Vaksin Covid-19 Belum Tersedia?

Bagaimana-Jika-Sertifikat-Vaksin-Covid-19-Belum-Tersedia

Sudah mempraktikkan langkah download dan cek sertifikat vaksin Covid-19 di atas tetapi rupanya sertifikat vaksin Covid-19 tetap belum tersedia, apa nan kudu dilakukan? Sertifikat vaksin Covid-19 apapun tahapnya semestinya tersedia dalam waktu kurang dari 24 jam setelah Kamu melakukan vaksinasi C-19.

Namun, Kamu tentu tidak bisa berambisi jika sertifikat tersebut langsung muncul seketika setelah vaksinasi Covid-19 dilakukan. Kamu kudu menunggu sampai lebih dari 24 jam untuk memastikan bahwa memang ada perihal nan kudu diperbuat agar sertifikat vaksin Covid-19 bisa segera muncul dan bisa didownload.

Jika perihal tersebut terjadi padamu, maka Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Kamu bisa mengusulkan keluhan melalui email ke PeduliLindungi.
  • Silakan buat email dengan format nan berisi nama lengkap, NIK KTP, tempat tanggal lahir, nomor ponsel nan terdaftar ketika vaksinasi, dan lampiran berupa foto dengan KTP dan kartu vaksinasi.
  • Selanjutnya, kirim keluhan tersebut ke alamat sertifikat@pedulilindungi.id.
  • Kamu juga bisa mengusulkan keluhan melalui Chatbot WA Kemenkes RI nomor 081110500567.
  • Cara lain adalah dengan mengontak Call Center 119 dan memilih ekstensi 9.

Sertifikat Vaksin Covid-19 Sebaiknya Tidak Dicetak

Sertifikat-Vaksin-Covid-19-Sebaiknya-Tidak-Dicetak

Sertifikat vaksin Covid-19 memang diproduksi dalam corak digital. Untuk menunjukkan sertifikat ini kepada petugas nan bakal memeriksa, Kamu hanya perlu menampilkannya melalui layar HP. Tidak semua nyaman dengan perihal tersebut. Memiliki dan memegang sertifikat vaksin dalam corak bentuk lebih diinginkan.

Sayangnya, mempunyai dan menggunakan sertifikat vaksin Covid-19 dalam corak bentuk rupanya tidak direkomendasikan. Ada beberapa kerugian dan akibat jika Kamu mau mencetak sertifikat vaksin Covid-19. Berikut adalah argumen kenapa sebaiknya Kamu tidak mencetak sertifikat vaksin Covid-19 tahap manapun.

Penyalahgunaan Data

Vaksin Covid-19 berisi beragam informasi kependudukan dan informasi privat nan andaikan bocor dan berada di pihak nan salah bisa disalah gunakan. Zaman sekarang, informasi pribadi ada nilai jualnya. Kamu tentu tidak mau seseorang menggunakan NIK KTP untuk dijadikan sebagai pengajuan syarat pinjaman online.

Sebelumnya banyak kejadian penyedia jasa pencetakan sertifikat vaksin Covid-19. Jasa pencetakan tersebut rupanya memunculkan akibat kebocoran informasi nan besar. Upaya pemblokiran penyedia jasa melalui kata kunci pencarian pun telah dilakukan pemerintah untuk mengantisipasi perihal jelek tersebut.

Tidak Diperlukan

Sertifikat vaksin diperlukan sebagai syarat banyak hal. Pengecekan sertifikat vaksin ini dilakukan secara digital. Yang perlu Kamu lakukan hanya menyimpan sertifikat vaksin di HP alias memanfaatkan aplikasi PeduliLindungi. Pemerintah sendiri tidak mengeluarkan patokan nan mewajibkan sertifikat kudu dicetak.

Bagaimana jika mencetak sertifikat vaksin Covid-19 secara berdikari dengan printer sendiri? Hal tersebut bisa saja dilakukan dan tentu menjamin kerahasiaan data. Memang ada orang nan berpikir untuk berjaga sebaiknya mempunyai sertifikat vaksin Covid-19 secara fisik. Hal tersebut sah saja walaupun tidak diperlukan.

Jika Kamu sudah divaksin Covid-19 dan tidak tahu apakah sertifikat vaksin Covid-19 sudah muncul alias belum, maka segera praktikkan salah satu langkah download dan cek sertifikat vaksin Covid-19 di atas. Jika terdapat masalah pada sertifikat, jangan ragu untuk segera melaporkannya ke pihak nan berwenang.

 

Lihat Juga :

  • 15 Cara Download Video Youtube Tanpa / Dengan Aplikasi
  • 14 Situs Website Penghasil Uang Sampingan Terpercaya No Hoax
  • 16 Cara Mengatur Bandwidth WiFi IndiHome dengan Mudah
  • 16 Cara Pembayaran IndiHome Via Atm, Indomaret, OVO Dll
  • Link Langsung google.com.sg Bokeh Museum Lokal dan Asia!
Aplikasi - rsddrsoebandi.id
Atas