Cara Membuat Daftar Isi Otomatis untuk Skripsi Mudah dan Cepat | Spacetoon.co.id

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis untuk Skripsi Mudah dan Cepat | Spacetoon.co.id

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Daftar isi merupakan salah satu bagian krusial dalam pembuatan karya ilmiah seperti tesis, makalah, jurnal, dan lain sebagainya. Halaman nan berisi tentang susunan titel dan sub titel ini biasa diletakkan setelah laman judul. Cara membikin daftar isi otomatis di Word pun sekarang semakin mudah dan cepat.

Jika dulu pembuatan daftar isi dilakukan secara manual dan terkesan ribet. Sekarang Anda bisa membuatnya dengan lebih mudah dengan memanfaatkan paper nan terdapat pada Microsoft Word. Hasilnya pun rapi dan dapat diutak atik dengan mudah.

Untuk Anda nan mau mengetahui langkah pembuatan daftar isi secara otomatis di Word, simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Mengenal Fungsi Daftar Isi

Mengenal Fungsi Daftar Isi

Mengapa laman ini tidak boleh terlewat dalam pembuatan jurnal ilmiah? Daftar isi mempunyai beberapa kegunaan nan menjadikan keberadaannya sangat krusial dalam sebuah karya ilmiah. Salah satunya adalah memberikan gambaran menyeluruh mengenai pokok pembahasan dalam sebuah tulisan.

Selain itu daftar isi juga memudahkan pembaca untuk menemukan laman nan mau dibaca tanpa perlu membuka laman satu persatu. Pembaca juga bisa mengetahui kelengkapan sebuah kitab dengan membaca laman daftar isi terlebih dahulu.

Sementara bagi penulis, keberadaan daftar isi memberi kemudahan dalam mencari informasi nan terkait dengan penulisan serta untuk mengetahui jumlah laman dalam jurnal ilmiah. Karya Ilmiah nan dilengkapi dengan daftar isi juga terkesan ahli lantaran pembuatannya lebih sistematis.

Kelemahan Membuat Daftar Isi Secara Manual

Kelemahan Membuat Daftar Isi Secara Manual

 

Masih banyak penulis nan membikin daftar isi secara manual dikarenakan tidak tahu langkah membikin daftar isi otomatis di Word. Bagi Anda nan mau membikin jurnal ilmiah ataupun buku, sebaiknya hindari langkah membikin daftar isi secara manual. Ada banyak kelemahan nan dimiliki, diantaranya:

  • Menyita banyak waktu sehingga proses pembuatan karya ilmiah maupun kitab bakal semakin lama
  • Hasilnya bisa tidak sesuai terutama jika proses pembuatannya dilakukan terburu-buru
  • Penulis kudu menyusun kerangka secara manual dan memandang laman satu persatu nan jumlahnya sangat banyak
  • Bila terjadi kekeliruan, penulis kudu mengatur ulang kerangka daftar isi

Hal nan ribet dan menyantap banyak waktu tersebut bisa Anda hindari dengan menggunakan fitur nan terdapat dalam word. Sebenarnya fitur ini sudah ada sejak lama dan tersedia di semua jenis Microsoft Word baik nan lama maupun terbaru. Hanya saja tidak banyak nan tahu langkah membuatnya.

Kelebihan Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Kelebihan Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Jika Anda sering menggunakan Word untuk beragam kegiatan termasuk pembuatan jurnal ilmiah maupun laporan, sebaiknya manfaatkan fitur nan tersedia. Salah satunya fitur untuk membikin daftar isi secara otomatis. Ada banyak kelebihan nan ditawarkan. diantaranya:

  • Lebih menghemat waktu dan bisa dikerjakan dalam waktu singkat. Hal ini lantaran penulis tidak memandang laman satu per satu sehingga pembuatan daftar isi jauh lebih cepat
  • Daftar isi menjadi lebih rapi sehingga memudahkan pembaca menemukan laman serta memahami materi nan disampaikan dalam karya ilmiah

Sebab itulah Anda perlu mengetahui langkah membikin daftar isi otomatis di Word agar penyusunan karya ilmiah ataupun kitab menjadi lebih mudah dan pembaca pun merasa nyaman saat membaca daftar isi tersebut.

11 Langkah Sederhana Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word

11 Langkah Sederhana Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word

Berikut ini adalah beberapa tahapan pembuatan daftar isi di Word. Diantaranya adalah:

1. Membuka Dokumen Melalui Program Microsoft Word

Sebaiknya laman daftar isi dibuat pada tahapan terakhir agar Anda tidak sering melakukan penyuntingan lantaran terjadi pergeseran halaman. Jika Anda sudah membikin arsip secara lengkap, tinggal buka saja menggunakan Microsoft Word untuk memudahkan pembuatan laman daftar isi.

2. Memblok Judul Serta Sub Judul nan Sudah Dibuat

Untuk memblok titel dan sub titel langkahnya cukup mudah ialah dengan mengklik sebanyak 3 kali pada bagian titel ataupun sub judul. Atau bisa juga dengan melakukan select. Block semua sub titel nan ada.

3. Memilih Tipe Heading nan Terdapat pada Tab Home

Ada banyak pilihan heading nan tersedia. Pilih Heading 1 untuk bagian judul. Kemudian untuk sub titel pilih Heading 2, dan untuk sub titel di bawahnya Anda bisa memilih Heading 3, dan seterusnya.

4. Memilih Style Heading

Cara membikin daftar isi otomatis di Word nan selanjutnya adalah memilih benignant heading dengan mengklik kanan Heading nan dipilih kemudian klik “Modify”. Edit benignant Heading dengan mengubah jenis font, ukuran font, dan pengaturan lainnya.

5. Memblok Semua Judul Serta Sub Judul pada Dokumen

Dalam satu laporan alias jurnal ilmiah, terdapat beberapa titel dengan penyampaian materi nan berbeda. Jika Anda sudah memblok titel dan sub titel pada bagian awal. Ulangi lagi tahapan tersebut untuk titel dan sub titel lainnya.

Jangan lupa untuk memilih heading nan digunakan lantaran bakal berpengaruh pada tatanan daftar isi. Jika ada titel nan terlewat, maka titel tersebut tidak bakal muncul dalam daftar isi secara otomatis. Sebab itulah lakukan langkah membikin daftar isi otomatis di Word dengan jeli dan teliti.

6. Menambahkan laman kosong untuk membikin daftar isi

Halaman daftar isi biasanya diletakkan pada bagian depan sebelum laman dokumen. Bila Anda sudah menambahkan laman daftar isi, maka bisa skip langkah ini. Namun jika belum, tambahkan laman dengan memilih paper “Insert” kemudian klik bagian “Blank Page”.

Sesudah di klik maka secara otomatis bakal muncul laman baru pada arsip nan sudah dibuat. Selanjutnya tinggal ketik saja judulnya. Misalnya saja seperti Daftar Isi.

7. Memasukkan Daftar Isi Secara Otomatis

Untuk membikin daftar isi secara otomatis langkahnya sangat mudah. Masuk saja ke paper “References” kemudian klik “Table of Contents” nan terletak pada pojok kiri atas halaman.

8. Memilih Jenis Daftar Isi

Setelah Anda mengklik paper “Table of Contents”, bakal muncul beberapa pilihan jenis daftar isi nan bisa digunakan. Mulai dari Automatic Table 1 hingga Manual Table. Sebaiknya Anda pilih Automatic Table 1 ataupun 2 agar memudahkan penyusunan daftar isi nantinya.

9. Pilih Menu Update Table Bila Ingin Melakukan Perubahan

Jika sewaktu-waktu arsip nan Anda buat mengalami perubahan, maka perlu dilakukan editing untuk menyesuaikan laman dengan daftar isi. Cara mengubah daftar isi cukup sederhana dengan memilih paper “Update Table” nan terdapat kotak kiri atas daftar isi.

Ada dua opsi nan tersedia ialah update full array untuk memperbaharui semua bagian daftar isi serta update leafage fig lone jika Anda mau mengubah nomor laman saja.

10. Melakukan Format Daftar Isi Sesuai dengan Dokumen

Apabila laman daftar isi telah selesai dibuat, maka langkah selanjutnya adalah menyesuaikan tatanan daftar isi dengan format tulisan pada dokumen. Misalnya saja dengan mengubah jenis font, spasi, ukuran font, dan sebagainya. Dengan begitu tatanan daftar isi bakal terlihat lebih rapi dan nyaman dibaca.

11. Menyimpan Dokumen

Tahapan terakhir dari langkah membikin daftar isi otomatis di Word adalah menyimpan dokumen. Caranya tinggal pilih saja ikon “Save” nan terletak pada pojok kiri atas alias bisa juga dengan menekan tombol Ctrl + S.

Cara membikin daftar isi otomatis di Word nan disebutkan diatas dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Tak hanya mempersingkat waktu pembuatan dokumen, hasilnya juga lebih rapi sehingga pembaca bisa mendapatkan informasi dengan lebih mudah.

Originally posted 2023-12-25 02:56:42.

The station Cara Membuat Daftar Isi Otomatis untuk Skripsi Mudah dan Cepat appeared archetypal connected Spacetoon.co.id.

Pendidikan  - Spacetoon.co.id
Atas