Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Yang Baik dan Benar | Spacetoon.co.id

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Yang Baik dan Benar | Spacetoon.co.id

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Spacetoon.co.id – Terdapat banyak sekali Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan nan bisa didapatkan secara cuma-cuma pada internet. Namun, dari sekian banyaknya surat resign, kalian tetap kudu selektif memilihnya. Karena, surat pengunduran diri merupakan berkarakter umum dan bisa menentukan karir kalian kedepannya. Dibawah ini kita bakal berikat beberapa contoh surat pengunduran diri nan bisa kalian ikuti pada saat resign.

Setelah lama bekerja, mungkin salah satu dari kalian sudah ada nan berencana untuk resign. Biasanya saat resign, kalian mempunyai argumen tersendiri, misalnya bosan, tidak cocok dengan tempat kerja, ataupun mau meningkatkan accomplishment ke level selanjutnya. Namun, nan jadi permasalahannya ialah jika kalian pertama kali mau mengusulkan pengunduran diri. Solusinya agar kalian dapat resign dengan tenang, kalian bisa ikuti langkah pengajuan resign dibawah ini.

Cara Mengundurkan Diri dari Pekerjaan nan Baik

Saat kalian melamar suatu pekerjaan, kemudian mau mengundurkan diri. Sebaiknya kalian gunakan kata-kata dalam surat pengunduran diri nan baik. Agar bisa langsung di proses oleh pihak perusahaannya. Dibawah ini kita bakal berikan langkah untuk kalian pada saat membikin surat pengunduran diri nan baik. Adapun cara-caranya ialah sebagai berikut :

1. Buat Perjanjian untuk Meeting 1-on-1

Saat mengusulkan resign kerja, kalian kudu mengusulkan surat pengunduran diri kerja secara profesional. Sebaiknya dibicarakan dan didiskusikan secara privasi antara kalian sebagai tenaga kerja dan pemimpin alias HRD pada perusahaan tersebut. Untuk itu, krusial sekali membikin perjanjian gathering 1-on-1 sebagai corak komunikasi dan obrolan dalam mengusulkan resign. Tentunya, pemimpin alias pihak HRD bakal senang hati menerima rayuan kalian.

2. Ceritakan Alasan nan Jelas Mengenai Pengunduran Diri Kerja

Saat mau mengusulkan surat pengunduran diri, sebaiknya kalian ceritakan argumen nan jelas mengenai pengajuan resign tersebut. Biasanya terdapat beberapa argumen seorang tenaga kerja mengusulkan pengunduran diri dari pekerjaannya, ialah sebagai berikut :

  • Minim apresiasi dan penghargaan
  • Tidak merasakan perkembangan pekerjaan selama bekerja
  • Tujuan dari performa kerja nan tidak realistis
  • Mendapatkan tawaran kerja nan lebih baik
  • Budaya kerja nan tidak memperhatikan kesehatan intelligence karyawan

Saat kalian mengemukakan argumen resign, sebaiknya kalian tidak menyinggung pemimpin alias HRD nan ada diperusahaan tersebut. Yang terpenting, dalam penyampaian argumen mau resign kudu bijaksana. Selain itu, kalian juga kudu menerima feedback dan saran dari atasan. Dengan menerima feedback, kalian dapat meningkatkan dan memperbaiki kekurangan saat bekerja diperusahaan.

3. Memberi Informasi Pengunduran Diri

Setiap perusahaan mempunyai kebijakan tersendiri untuk karyawannya saat mau memberikan informasi pengunduran diri kerja. Biasanya kalian kudu mengusulkan pengunduran diri jauh-jauh hari, seperti 2 minggu, satu bulan, hingga dua bulan sebelum melakukan regin. Tergantung dengan ketentuan nan diberikan oleh perusahaan ditempat kalian kerja. Karena, perusahaan juga bakal mempunyai waktu untuk mencari pengganti kalian.

4. Membuat Surat Pengunduran Diri Kerja

Untuk langkah membikin surat pengunduran dirinya sendiri, kalian kudu menggunakan kata-kata nan baik dan tepat. Kalian juga kudu menunjukan surat pengunduran diri tersebut kepada pemimpin alias HRD. Kemudian serahkan surat pengunduran diri terlebih dahulu, dan setelah itu kalian dapat menceritakan dengan jelas argumen nan tepat kenapa kalian mengundurkan diri. Namun jika posisinya sedang WFH.

Kalian bisa melampirkan surat pengunduran diri kerja melalui email saja. Setelah email diterima oleh pemimpin alias HRD, biasanya pemimpin bakal menghubungi kalian lewat telepon. Kalian dapat berbincang dan membicarakan argumen secara spesifik untuk melanjutkan apa nan tidak disampaikan melalui surat tersebut.

5. Ucapkan Terima Kasih

Jangan lupa kalian ucapkan terima kasih saat memberikan surat pengunduran diri kepada pemimpin ataupun HRD dan juga rekan kerja. Jangan lupa untuk tetap berasosiasi baik dengan mereka, walaupun kalian sudah resmi mengundurkan diri dan pindah ke perusahaan nan baru. Tanda terimakasih bisa dilakukan dengan langkah makan berbareng direstoran, memberikan bingkisan kecil, memberi makanan unik tenaga kerja resign dan tetap banyak nan lainnya.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Kerja nan Baik

Bagi kalian nan belum tahu langkah membikin surat pengunduran diri kerja nan baik. Kalian bisa ikuti langkah-langkahnya dibawah ini, agar kalian tidak melakukan kesalahan saat pembuatan surat pengunduran diri tersebut. Cara membuatnya sangat gampang, dibawah ini kita bakal berikan format dan perihal apa saja nan kudu dilakukan dalam penulisan surat pengunduran diri kerja. Adapun formatnya ialah sebagai berikut :

  1. Tempat dan tanggal komplit surat diserahkan.
  2. Pihak nan dituju, seperti pemimpin alias HRD.
  3. Jangan lupa tuliskan salam pembuka.
  4. Nama komplit dan juga alamat komplit perusahaan.
  5. Identitas diri seperti nama lengkap, NIK, Jabatan dan departemen.
  6. Alasan pengunduran diri kerja dan tanggal pengajuan pengunduran diri.
  7. Ucapkan terimakasih kepada atasan, HRD dan juga rekan kerja. Tidak lupa juga, kalian ucapkan maaf jika ada kesalahan nan sengaja ataupun tidak sengaja selama bekerja di perusahaan tersebut.
  8. Penutup.
  9. Nama komplit diikuti dengan tanda tangan.

Itulah format nan kudu kalian buat saat membikin surat pengunduran diri dari perusahaan tempa kerja kalian. Untuk lebih jelas dan agar kalian lebih mengerti dalam pembuatan surat pengunduran diri. Kalian bisa lihat beberapa contoh surat pengunduran diri sebagai berikut.

Beberapa Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan nan Baik

Setelah kalian tahu format-format dalam pembuatan surat pengunduran diri, tentunya kalian sudah bisa membikin surat pengunduran diri nan baik dan sopan. Namun, jika kalian belum mengerti alias belum mengerti langkah pembuatannya, kalian bisa lihat contohnya dibawah ini. Dibawah ini kita bakal berikan beberapa contoh pembuatan surat pengunduran diri tenaga kerja nan baik ialah sebagai berikut :

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan secara Formal

Bandung, 4 Januari 2023

Yang terhormat,
General Manager PT. Karya Karsa Abadi
Jalan Dr. Djundjunan, Bandung.

Saya nan bercap tangan di bawah ini:

Nama : Muhammad Devani
NIK : 2018050312679
Jabatan : Business Development Analyst
Departemen : Sales

Melalui surat ini, saya mengusulkan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai Business Development Analyst di PT. Karya Karsa Abadi terhitung mulai 4 Januari 2023.

Saya ucapkan terima kasih lantaran PT. Karya Karsa Abadi sudah memberikan saya kesempatan untuk bekerja, belajar, dan berkembang selama 4 tahun. Selain itu, saya juga mau ucapkan banyak terima kasih pada rekan-rekan kerja lantaran telah banyak kerjasama untuk mencapai sasaran perusahaan.

Saya minta maaf nan sebesar-besarnya lantaran memutuskan untuk tidak lagi menjadi bagian dari PT. Karya Karsa Abadi. Tidak lupa saya ucapkan minta maaf atas segala kesalahan nan mungkin sempat saya lakukan dan meninggalkan kesan jelek selama bekerja di PT. Karya Karsa Abadi.

Demikian surat ini saya buat dan serahkan dengan sebenar-benarnya, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu.

Hormat saya,

[Tanda tangan]

Muhammad Devani

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan non Formal via Email

Sebelum mengirimkan email pengunduran diri, pastikan Anda telah menulis taxable email nan benar.

To : [alamat email atasanmu]

Subject : Pengajuan Pengunduran Diri – [Nama kamu]

Yang terhormat,
Creative Director PT. Kreasi Nusantara
di tempat.

Dengan hormat,

Melalui pesan ini, saya Karina Kurniawan mengusulkan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai Senior Copywriter di PT. Kreasi Kreatif Nusantara terhitung mulai 4 Januari 2023.

Saya mengucapkan terima kasih lantaran PT. Kreasi Nusantara sudah memberikan saya kesempatan untuk bekerja, belajar, dan berkembang dengan pengetahuan dan pengalaman selama 5 tahun. Selain itu, saya juga mau ucapkan banyak terima kasih pada rekan-rekan kerja lantaran telah banyak kerjasama untuk mencapai sasaran perusahaan sebagaimana mestinya.

Saya minta maaf jika terdapat banyak kesalahan selama saya bekerja di PT. Kreasi Nusantara.

Demikian pesan ini saya buat, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu.

Hormat saya

Karina Kurniawan

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan untuk Pindah ke Perusahaan Lain

Bekasi, 4 Januari 2023

Yang terhormat,
HRD PT. Kreasi Nusantara
Di Bekasi

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Karina Kurniawan mengusulkan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai Senior Copywriter di PT. Kreasi Nusantara terhitung mulai 4 Januari 2023.

Saya mengucapkan terima kasih lantaran PT. Kreasi Nusantara sudah memberikan saya kesempatan untuk bekerja, belajar, dan berkembang dengan pengetahuan dan pengalaman selama 5 tahun. Selain itu, saya juga mau ucapkan banyak terima kasih pada rekan-rekan kerja lantaran telah banyak kerjasama untuk mencapai sasaran perusahaan sebagaimana mestinya.

Saya minta maaf jika terdapat banyak kesalahan selama saya bekerja di PT. Kreasi Nusantara.

Demikian surat ini saya buat, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu.

Hormat saya,

[Tanda tangan]

Karina Kurniawan

Itulah beberapa contoh nan bisa dijadikan referensi dalam pembuatan Surat pengunduran diri karyawan. Dengan contoh diatas, kalian dapat membikin surat pengunduran diri nan baik dan sopan.

Penutup

Hanya itu saja nan bisa disampaikan mengenai Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan. Semoga informasi nan disampaikan dapat berfaedah untuk kalian semua. Terimakasih sudah membacanya sampai dengan selesai. Sampai bertemu di tulisan selanjutnya!

The station Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Yang Baik dan Benar appeared archetypal connected PDAM Tirta Sukapura.

Informasi - pdamtirtasukapura.co.id
Atas