Surat Dinas, Pengertian, Struktur, Fungsi, Ciri dan Contohnya | Spacetoon.co.id

Surat Dinas, Pengertian, Struktur, Fungsi, Ciri dan Contohnya | Spacetoon.co.id

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Spacetoon.co.id – Sebagian dari kita mungkin merasa sangat asing dengan salah satu jenis surat berjulukan surat dinas. Sadar ataupun tidak, semasa sekolah dulu kita pernah mendapatkan surat dinas ini dari pihak sekolah.

Salah satunya adalah surat dinas berupa undangan untuk kedua orang tua ataupun wali murid. Beberapa contoh undangan nya seperti pengambilan rapor, dan juga kegiatan – kegiatan sekolah lain nya.

Secara umum surat dinas merupakan suatu surat nan di tulis ataupun di buat nan bermaksud untuk keperluan dinas. Surat dinas ini juga bisa dikatakan sebuah surat nan nyaris serupa dengan surat pada umum nya. Akan tetapi nan menjadi pembeda dari surat dinas dengan surat nan lainnya ialah terdapat pada format dan juga karakter – karakter nan hanya ada pada surat dinas ini saja.

Jika Anda penasaran dengan penjelasan lebih komplit terkait dengan surat dinas ini, kebetulan pada ulasan kali ini kami bakal mengulas mengenai surat dinas meliputi pengertian, fungsi, ciri, syarat, contoh dan lain sebagainya.

Yuk mari simak dan juga pahami penjelasan nan ada di bawah ini mengenai surat dinas, Agar Anda mendapatkan ilmu, pengetahuan dan juga wawasan nan baru.

Pengertian Surat Dinas

Pengertian Surat Dinas

Surat dinas merupakan suatu surat nan di tulis ataupun di buat oleh suatu lembaga alias lembaga nan bermaksud untuk keperluan kedinasan. Surat dinas mempunyai arti lain nan dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Surat dinas adalah sebuah surat nan berisikan sebuah persoalan nan terdapat di dalam kedinasan dan biasanya surat dinas ini di buat oleh lembaga ataupun lembaga – lembaga tertentu.

Isi dari pada surat dinas itu sendiri tentunya di tujukan untuk sebuah keperluan kedinasan, baik itu pemerintahan alias pun lembaga swasta. Fungsi surat dinas ini juga tidak hanya bertindak di sebuah lembaga pemerintahan saja.

Akan tetapi juga bertindak di sebuah lembaga swasta. Isi dari surat dinas ini biasa nya berupa pemberian tugas, pemberian izin, penyampaian pengumuman dan lain sebagai nya.

Dikarenakan isi dari surat ini berkarakter resmi ataupun formal, serta penulisan nan terdapat di dalam surat tersebut merupakan struktur penulisan nan umum ataupun resmi, maka surat dinas ini termasuk dalam kategori surat nan resmi.

Berikut ini kami bakal menjabarkan mengenai strukur apa saja nan terdapat di dalam surat dinas ini, yuk mari simak dan pahami struktur nya sebagaimana nan bakal kami jabarkan di bawah ini .

Struktur Surat Dinas

Struktur Surat Dinas

Agar memudahkan kita dalam proses pembuatannya,  tentunya Sebuah surat mempunyai struktur nan biasa dijadikan sebagai referensi ataupun kerangka pada saat kita bakal membikin surat tersebut.

Dan juga dikarenakan surat ini merupakan sebuah surat nan resmi, maka sebuah struktur merupakan perihal nan cukup krusial di dalam surat tersebut. Yuk mari simak dan juga pahami strukturnya di bawah ini.

1. Kepala Surat ( Kop Surat )

Kop surat merupakan salah satu struktur dari surat ini, nan berada di bagian paling atas dari surat dinas. Biasanya dalam kop surat berisikan alamat lembaga alias lembaga, nama, dan juga logo dari sebuah lembaga nan membikin ataupun mengirimkan surat tersebut.

Kop surat tidak hanya berfaedah sebagai sebuah pembukaan dalam surat saja, Akan tetapi kop surat juga berfaedah untuk menunjukkan sebuah identitas dari sebuah surat.

Dengan adanya kop surat tersebut, Pembaca bakal dimudahkan untuk mengetahui Dari mana asal surat tersebut.  mengingat bahwasannya kop surat merupakan salah satu identitas nan terdapat di dalam sebuah surat.

2. Tanggal Surat

Tanggal surat merupakan salah satu struktur nan terdapat pada surat ini, di dalam tanggal surat ini terdiri dari tanggal dan juga tempat di mana surat dinas itu dibuat. Tanggal nan terdapat di dalam surat dinas umumnya terletak di bagian pojok kanan atas.

Tanggal surat mempunyai sebuah kegunaan untuk dapat menunjukkan pada tanggal berapa, hari apa serta bulan, bulan berapa, serta tahun berapa surattersebut di buat.

Fungsi lain dari adanya tanggal surat yaitu: Sebagai sebuah referensi untuk bagian administrasi, mempermudah pengingat untuk seorang nan menerima surat tersebut, mempermudah dalam penepatan waktu untuk membalas surat tersebut.

3. Nomor Surat

Nomor surat merupakan salah satu struktur nan terdapat disurat dinas, Nomor surat itu sendiri terdiri dari sebuah kode nan di buat berasas dengan nomor dari surat dinas, identitas lembaga ataupun suatu lembaga nan mengeluarkan surat tersebut, Serta tahun pembuatan dari surat tersebut.

Nomor surat merupakan sebuah bukti bahwa surat tersebut adalah sebuah surat nan resmi. Dalam penulisan format nya,  formatnya mempunyai kode nan terdapat maksud tersendiri di dalamnya.

Tujuan dari pemberian nomor surat tentunya bermaksud untuk mempermudah kita agar mengetahui pembuatan sebuah surat dan juga dapat mempermudah ketika bakal melakukan pengarsipan.

4. Lampiran

Lampiran merupakan salah satu struktur nan terdapat di surat dinas, Lampiran merupakan sebuah berkas pendukung nan bakal di sampaikan dan berangkaian dengan tujuan di buatkan nya surat dinas tersebut. Lampiran pada surat dinas dapat berupa arsip ataupun selembar kerta.

Lampiran surat berfaedah sebagai sebuah petunjuk dan juga penjelasan mengenai keterangan nan dimiliki oleh surat tersebut. Hal tu bakal mempermudah penerima dalam memahami isi dari surat nan diterimanya.

Lampiran perlu dituliskan sebagai sebuah indikasi bahwasannya surat tersebut mempunyai arsip tambahan. Lampiran biasanya terletak di bawah nomor surat

5. Perihal Atau Hal

Perihal alias perihal merupakan salah satu struktur nan terdapat di dalam surat dinas, Lampiran ialah suatu bagian nan berisikan isi alias pokok dari surat tersebut. Contoh nya seperti, di tujukan kepada siapa alias apa tujuan dari surat tersebut.

Pada bagian surat ini berfaedah si untuk dapat mengetahui inti pokok ataupun isi nan terdapat didalam sebuah surat tanpa perlu membaca isi dari keseluruhan surat nan ada.

Perihal surat ataupun hal, sebagai di secara langkah singkat. Hal pada sebuah surat digarisbawahi ataupun ditulis dengan huruf kapital. Hal ini berfaedah sebagai titik konsentrasi ketika seorang pembaca membuka suatu surat.

6. Alamat

Ada dua macam jenis penulisan alamat nan terdapat pada surat dinas,  ada nan untuk sebuah lembaga ataupun lembaga, Ada juga nan ditujukan untuk perseorangan. Letak penulisan alamat ini terdapat di bagian kiri tengah dari jarak antara perihal dan juga salam pembuka.

Alamat dari surat berfaedah untuk memberitahukan penerima surat, darimana sebuah surat nan di terima berasal. Selain itu alamat surat juga berfaedah sebagai pentunjuk untuk pengarsipan, mempermudah seorang petugas surat dalam menyampaikan sebuah surat. Sebagai sebuah alamat luar ketika sedang menggunakan sebuah sampul nan berjendela.

7. Salam Pembuka

Salam pembuka merupakan salah satu struktur nan terdapat di dalam surat dinas,  salam pembuka digunakan untuk menunjukkan sikap sopan santun, ataupun rasa hormat ke pada seseorang. Salam pembuka menjadi perihal nan wajib di tuliskan pada surat, lantaran perihal ini menunjukkan rasa hormat kepada si penerima surat tersebut.

8. Isi Surat

Isi surat merupakan salah satu struktur nan terdapat di surat dinas, Isi dari surat tersebut perlu disesuaikan dengan perihal dan juga perihal nan bakal disampaikan serta bagian ini dibuat dengan jelas, padat, dan juga singkat.

9. Salam Penutup

Salam penutup merupakan salah satu struktur nan terdapat didalam surat dinas, serupa dengan salam pembuka, salam penutup ini merupakan suatu corak sikap sopan santun, dan juga corak rasa hormat sebelum mengakhiri surat tersebut.

10. Nama

Nama merupakan salah satu struktur nan terdapat didalam surat dinas, nama nan terdapat di surat tersebut ini merupakan nama dari seorang pengirim nan dituliskan secara komplit dan juga jelas.

11. Tembusan

Tembusan merupakan salah satu struktur nan ada di surat dinas, tembusan biasanya berisikan nama alias inisial dari pihak lain nan perlu mengetahui adanya surat tersebut. Biasanya pihak nan terdapat di dalam bagian tembusan merupakan sebuah pihak nan mempunyai keterkaitan dengan isi surat tersebut.

12. Inisial

Inisial merupakan salah satu struktur nan tersedia surat dinas, Inisial pada surat ini umumnya dituliskan pada bagian kiri bawah setelah tembusan surat dinas. Bagian ini di buat ketika di perlukan saja.

Fungsi Surat Dinas

Seperti nan telah kami sampaikan sebelumnya bahwasanya surat ini dibuat dengan mempunyai sebuah maksud dan juga tujuan tertentu. Berikut ini kami bakal menjabarkan mengenai tujuan dari surat dinas nan lebih spesifik. Jika Anda penasaran bakal tujuan dari surat dinas, yuk mari simak dan juga pahami penjabaran di bawah ini :

  1. Fungsi dari surat dinas ini yaitu, bisa juga jadikan sebagai bukti nan otentik untuk sebuah perjanjian ataupun kesepakatan.
  2. Sebagai sebuah bukti adanya suatu perubahan dan juga perkembangan didalam sebuah lembaga ataupun instansi.
  3. Sebagai sebuah perangkat nan diperuntukkan untuk mengikat baik kepada ada si penulis surat,  maupun nan menerima suratnya tersebut. Itulah kenapa surat dinas perlu di jadikan sebagai arsip dari sebuah lembaga ataupun lembaga.
  4. Sebagai sebuah pedoman kerja,  misalnya surat keputusan,  surat izin, dan juga surat petunjuk kerja.

Ciri-Ciri Surat Dinas

Kita dapat mengenali suatu surat berasas dari karakter nan dimiliki oleh surat tersebut,  tentunya karakter tiap surat perlu berbeda-beda, untuk dapat membedakan antara surat satu dengan surat nan lainnya.

Berikut ini kami bakal menjabarkan beberapa ciri-ciri nan terdapat di dalam surat dinas, Yuk mari kita sama-sama simak dan juga pahami penjabaran nan tertera di bawah ini

  1. Sebuah surat dinas perlu dilengkapi dengan adanya stempel alias pun headdress dari suatu lembaga ataupun lembaga nan mengeluarkan surat tersebut.
  2. Pada surat dinas ini terdapat satu bagian nan berisikan salam penutup, dan juga salam pembuka sebagai sebuah corak penghormatan ataupun kesopanan ketika sedang berkomunikasi melalui media surat.
  3. Bahasa nan digunakan pada surat ini, menggunakan bahasa  nan formal, baku, dan tentunya resmi. Karena surat ini merupakan sebuah surat nan formal.
  4. Tersedia juga sebuah nomor surat dan juga lampiran sebagai sebuah berkas nan bakal menjadi pendukung adanya surat tersebut.
  5. Di dalamnya terdapat kepala surat ataupun kop surat nan berisikan nama sebuah lembaga ataupun lembaga  nan membikin surat tersebut.

Syarat-Syarat Surat Dinas

Syarat-Syarat Surat Dinas

Untuk membikin surat dinas tentunya Anda perlu memenuhi syarat-syarat untuk membikin surat tersebut. Surat dinas ini dibuat dengan sebuah format tertentu, dan juga tentunya dibuat menggunakan sebuah bahasa nan formal.

Karena surat ini merupakan sebuah surat nan resmi. Berikut ini kami bakal menjabarkan mengenai syarat-syarat nan kudu dipenuhi ketika bakal membikin surat dinas.

  1. Surat ini di buat dengan memberikan sebuah gambaran nan sejalan dengan lembaga ataupun lembaga nan mengeluarkan surat dinas tersebut.
  2. Surat dinas dibuat dengan menggunakan bahasa nan sopan,  baku,  formal,  dan  juga mudah untuk di mengerti.
  3. Isi nan terdapat di surat ini kudu di buat dengan jelas, padat, dan juga singkat.
  4. Format dari surat dinas wajib di buat dengan berlandasken kepada standarisasi pembuatan surat resmi, dengan menggunakan sebuah format nan tersusun rapih.

Jenis-Jenis Surat Dinas

Jenis-Jenis Surat Dinas

Banyak sekali surat nan termasuk ke dalam jenis surat dinas. Beberapa diantaranya bakal kami jabarkan sebagai berikut ini, Yuk mari simak dan juga pahami beberapa jenis surat dinas nan bakal kami jelaskan seperti nan tertera di bawah ini.

1. Surat Panggilan kerja

Salah satu surat resmi nan bermaksud untuk memanggil seorang calon tenaga kerja untuk melakukan wawancara ataupun test, merupakan bagian dari surat dinas.

Selain untuk memanggil seorang calon tenaga kerja keperluan nan terdapat di dalam surat ini adalah sebagai pemanggilan untuk melakukan sebuah test, wawancara, ataupun perihal – perihal lain nan berangkaian dengan pemanggilan kerja.

2. Surat Perintah perjalanan Dinas

Surat Perintah Perjalanan Dinas merupakan suatu bagian dari surat dinas nan biasanya berfaedah untuk memberikan suatu tugas ataupun perintah kepada seorang tenaga kerja untuk melakukan perjalanan dinas ke beragam daerah, di luar maupun dalam negeri.

3. Surat perjanjian kerja

Surat perjanjian kerja merupakan sebuah surat umum dan juga resmi nan berisikan suatu kesepakatan untuk melakukan pekerjaan pada suatu perusahaan dengan kurun waktu nan telah ditentukan.

Serta ditandatangani oleh calon pekerja dan juga pihak perusahaan. Umumnya surat ini dilengkapi dengan ketentuan nan bakal mengatur Hubungan kerja antara tenaga kerja dengan perusahaan hahaha

4. Surat pemeritahuan

Surat pemberitahuan merupkan salah satu jenis dari surat ini, surat ini berisi tentang pemberitahuan nan di beritahukan kepada seluruh personil alias tenaga kerja nan berada di lingkungan kerja agar mereka dapat mengetahui sebuah informasi terkait suatu hal. Surat dinas jenis ini sering di gunakan oleh sebuah perusahaan baik swasta maupun badan upaya milik pemerintah ( BUMN )

5. Surat kuasa

Surat kuasa merupakan sebuah surat nan berisikan mengenai pelimpahan sebuah kewenangan dari seorang pejabat di perusahaan kepada seseorang ataupun pejabat perusahaan lain nan di berikan kepercayaan.

Untuk dapat bertindak mewakili seseorang nan memberikan sebuah kuasa tersebut. Ada beberapa perihal nan biasanya membikin seseorang melimpahkan sebuah wewnang, salah satunya lantaran orang tersebut sedang tidak bisa memenuhi tugasnya.

6. Surat keterangan

Surat keterangan merupakan salah satu surat nan berfaedah untuk memberikan suatu keterangan mengenai sebuah kegiatan seorang ataupun perihal – perihal tertentu. Surat keterangan biasanya di sosialisasikan ke dalam corak surat, kemudian wajib untuk di pahami oleh semua tenaga kerja agar tidak terjadi miss komunikasi dan lain sebagainya.

7. Surat memo alias nota dinas

Surat memo merupakan sebuah surat nan biasa juga di sebut dengan julukan nota dinas. Surat memo merupakan sebuah surat unik nan biasa dipergunakan secara intern dalam sebuah organisasi ataupun lembaga nan dilakukan oleh para pejabat instansi dengan isi dari surat nan condong singkat.

8. Surat edaran

Surat informasi merupakan surat nan berisikan sebagai sebuah corak pemberitahuan mengenai sesuatu nan kemudian ditunjukkan kepada ada beberapa orang saja ataupun kepada banyak pihak sekaligus. Surat informasi ini nyaris serupa dengan salah satu jenis surat nan terdapat pada surat dina, ialah surat pemberitahuan.

9. Surat permohonan izin

Surat permohonan izin merupakan sebuah surat nan yang dibuat dengan tujuan untuk memohon bakal suatu perizinan Untuk dapat melakukan sebuah kegiatan tertentu kepada pihak perusahaan ataupun seseorang nan berasosiasi dengan surat permohonan izin tersebut.

Pada umumnya surat ini digunakan jika seseorang ataupun pihak dari perusahaan memerlukan suatu support dari perusahaan lain nan terkait dengan kepentingan mereka.

10. Surat pengumuman

Surat pengumuman merupakan sebuah surat nan tergolong sebagai surat dinas. Suatu surat pengumuman dapat dikatakan sebagai surat tersebut andaikan isinya memuat perihal suatu informasi nan mempunyai tujuan untuk di sampaikan kepada khalayak umum di suatu perusahaan ataupun lembaga nan terkait, secara ineligible ataupun resmi

11. Surat undangan

Surat undangan merupakan sebuah surat nan termasuk kedalam jenis surat dinas, Biasanya surat ini dibuat lantaran bakal diadakannya sesuatu perihal nan bakal dilaksanakan oleh suatu lembaga alias perusahaan.

Surat ini dibuat dikarenakan adanya sebuah kepentingan nan berkarakter resmi dan juga kudu dihadiri oleh tenaga kerja – tenaga kerja dari sebuah perusahaan, bukan perorangan.

12. Berita acara

Selanjutnya nan termasuk ke dalam salah satu jenis surat ini ialah buletin acara. Surat ini dibuat untuk menginformasikan sebuah catatan nan berisikan Laporan mengenai sebuah kegiatan nan telah dilaksanakan oleh suatu lembaga ataupun perusahaan.

Selain itu surat ini juga berfaedah sebagai Laporan mengenai adanya sebuah petunjuk terhadap suatu peristiwa tertentu nan terjadi dan berasosiasi dengan perusahaan ataupun lembaga resmi

13. Surat rekomendasi

Surat rekomendasi merupakan salah satu jenis surat dinas nan secara unik dibuat ataupun ditulis oleh seorang ketua dalam suatu perusahaan.

Surat rekomendasi ini berisikan mengenai penjelasan dan juga keterangan terkait seseorang nan datanya diambil secara resmi ataupun otentik. Surat ini biasanya diminta secara intern oleh seseorang nan yang mempunyai kewenangan berasas kepentingannya.

14. Surat pemberian izin

Jika surat permohonan izin merupakan sebuah surat permohonan izin nan dilakukan secara resmi, maka surat pemberian izin merupakan suatu corak jawaban dari surat permohonan izin.

Surat permohonan izin ini biasanya dikeluarkan untuk memberikan sebuah izin kepada seseorang ataupun lembaga nan berasosiasi untuk memakai tempat ataupun barang-barang tertentu nan yang kemudian dimanfaatkan demi upaya dan kepentingan nya.

15. Surat keterangan

Surat keterangan merupakan salah satu dari jenis surat dinas nan berisikan sebuah kepastian alias kejelasan tertentu mengenai suatu hal, demi melaksanakan sebuah kepentingan tanpa adanya ragu pada seseorang ataupun sebuah lembaga untuk menjalin hubungan kerja sama, dalam sebuah tindakan nan ilegal

16. Surat keputusan

Salah satu jenis surat ini selanjutnya ialah adalah surat keputusan.  surat surat dengan maksud dan juga tujuan untuk memutuskan sesuatu perihal krusial nan berasosiasi dengan sebuah lembaga ataupun perusahaan.

Agar menghindari terciptanya suatu kesalahpahaman antara pihak-pihak nan terkait, sesuai dengan nan di jelaskan di dalam isi dari surat tersebur secara rinci dan juga jelas.

17. Surat perintah

Surat perintah merupakan salah satu jenis surat dinas nan seringkali di gunakan untuk melakukan sebuah perihal nan berisifat resmi, berasas dengan kepentingan nan di miliki perusahaan. Surat ini biasanya ditunjukkan kepada unit tenaga kerja nan mempunyai kedudukan lebih rendah di banding seseorang nan membikin surat perintah tersebut.

18. Surat bantahan

Surat sanggahan merupakan salah satu jenis surat dinas nan biasa dipakai di sebuah lembaga unik nya badan hukum, Karena saat ini mempunyai tujuan dan kegunaan untuk menuliskan beragam macam jenis sanggahan nan di lakukan seorang penggugat terhadap suatu hal.

Ataupun pernyataan tertentu nan tidak sejalan dengan kebenaran dan juga kebenaran nya. Surat ini juga berfaedah untuk meluruskan suatu perihal untuk meminimalisir terjadinya sebuah konflik.

19. Surat peringatan

Surat peringatan merupakan salah satu jenis surat dinas nan ditulis alias dikeluarkan untuk memberikan sebuah peringatan kepada seorang karyawan. Surat ini biasanya dibuat oleh pihak pemimpin dari sebuah perusahaan ataupun lembaga staf ke karyawan, atas perlakuan seorang tenaga kerja nan telah malanggar sebuah patokan nan dimiliki oleh sebuah perusahaan ataupun lembaga resmi.

20. Surat laporan

Surat laporan merupakan sebuah surat nan berisikan mengenai informasi si nan tentunya berfaedah untuk perusahaan ataupun sebuah lembaga. Surat ini di buat sebagai corak laporan dari seseorang nan sebelumnya di berikan sebuah tugas oleh perusahaan.

Surat ini juga berfaedah sebagai arsip nan bakal di simpan oleh perusahaan, di karenakan laporan nan di dapat merupakan perihal nan cukup krusial bagi perusahaan.

21. Surat tugas

Surat tugas mempunyai sebuah karakter nan nyaris serupa dengan surat perintah,  Surat tugas ini berisikan mengenai sebuah mandat ataupun tugas untuk melaksanakan suatu hal.

Hal-hal nan dilimpahkan kepada seseorang dengan kedudukan ataupun kedudukan paling rendah di dalam sebuah perusahaan. Tugas nan diberikan berkarakter resmi sehingga perlu diselesaikan sesuai dengan kurun waktu nan telah ditentukan.

22. Surat pengantar

Surat pengantar merupakan salah satu jenis surat dinas nan ditulis dengan resmi dan bermaksud untuk mengantarkan alias menyampaikan suatu peralatan seperti dokumen, berkas, dan juga surat. Surat ini biasanya ditunjukkan kepada lembaga ataupun lembaga nan berasosiasi dengan seseorang nan membikin surat tersebut.

23. Surat perjanjian transaksi

Surat perjanjian transaksi merupakan sebuah surat nan biasa dipakai untuk mengesahkan sebuah perjanjian,  nan kemudian bakal disepakati oleh kedua belah pihak dalam sebuah kegiatan jual beli. Tentunya surat ini dibuat atas kesepakatan kedua belah pihak,  dan tidak bisa mengandalkan satu pihak saja.

Bila perjanjian tersebut tidak disepakati oleh pembeli,  maka pembeli bisa dengan mudah membatalkan transaksi tersebut berasas ketentuan dan juga kriteria tertentu.

Kesepakatan tersebut resmi di buat dalam surat perjanjian transaksi nan biasanya lakukan jika sebuah peralatan nan dibeli mempunyai nilai alias nominal nan tinggi. Seperti contoh nya properti, alias peralatan berbobot lain nya.

24. Surat usulan

Surat usulan merupakan sebuah surat resmi nan dikeluarkan pada saat pihak nan berkepentingan mempunyai sebuah kerjasama ataupun perjanjian tertentu, kemudian salah satu dari pihak tersebut memberikan permintaan ataupun saran untuk melakukan sesuatu nan berkarakter krusial dan juga di inginkan oleh si kreator surat. Kemudian surat tersebut di usulkan sesuai dengan bagian nan di miliki oleh seorang penerima surat.

25. Surat perjanjian sewa menyewa

Surat perjanjian sewa-menyewa merupakan salah satu jenis surat dinas nan berisikan mengenai perjanjian sewa menyewa. Surat ini dibuat untuk meresmikan sebuah kesepakatan antar suatu perusahaan ataupun pemilik dari upaya tersebut dengan pihak penyewa.

Biasanya peralatan nan di sewa mempunyai nilai ekonomi nan tinggi sehingga diperlukan adanya surat perjanjian sewa-menyewa tersebut.

26. Surat intruksi

Surat intruksi merupakan sebuah surat nan berisikan perintah ah dan juga petunjuk-petunjuk nan dibuat berdasarkan pada kebijaksanaan dan juga peraturan nan dimiliki oleh seorang ketua ataupun sebuah perusahaan. Surat intruksi ini biasanya di tujukan kepada perorangan bukan kepada golongan karyawan.

Ketentuan Dalam Menyusun Surat Dinas

Ketentuan Dalam Menyusun Surat Dinas

1. Penyelenggaraan Urusan

Penyelenggaraan urusan nan terdapat di dalam kedinasaan melalui tata langkah surat-menyurat, dengan jenis surat dinas kudu di lakukan dengan jeli dan juga teliti untuk menghindari sebuah kesalahpahaman dari kedua belah pihak. Baik seorang pengirim maupun seorang nan menerima surat tersebut

2. Koordinasi Antara Pejabat

Koordinasi antar pejabat nan ada di dalam lingkungan perusahaan ataupun lembaga sebaiknya dilakukan menggunakan sebuah metode nan dirasa paling sigap dan juga tepat. Seperti melalui jaringan telepon, kunjungan, pribadi diskusi, dan lain sebagainya.

Jika dalam proses penyusunan sebuah surat dinas diperlukan adanya koordinasi, Maka seorang pejabat nan terkait dapat melakukan sebuah kordinasi melalui tahap – tahap penyusunan suatu konsep sehingga dapat menghindari adanya sebuah revisi di dalam sebuah konsep final.

3. Urusan Kedinasan / Instansi

Suatu urusan kedinasan nan dilaksanakan dengan menggunakan tata langkah dan juga prosedur surat-menyurat diharuskan untuk menggunakan sebuah sarana komunikasi dan juga manajemen nan resmi. Jika pilihan nya adalah dengan menggunakan surat, maka surat tersebut perlu di cantumkan legalitas berupa headdress ataupun kop surat di dalam nya.

4. Jawaban Terhadap  Surat Yang Sudah Masuk

  • Sebuah lembaga alias perusahaan nan menerima surat dinas tersebut,   Diharuskan dengan segera untuk mengirimkan sebuah jawaban atas surat nan telah diberikan
  • Jika terdapat keterlambatan dalam mengirimkan Sebuah Jawaban, Maka lembaga penerima diharuskan untuk mengkonfirmasi atas keterlambatan nan telah dilakukan.

5. Waktu Penandatanganan Surat

Waktu dari penandatanganan sebuah surat diharuskan untuk dapat memperhatikan agenda pengiriman surat dan juga sifat surat nan bertindak di lingkup lembaga ataupun lembaga resmi nan berasosiasi dengan surat tersebut

6. Salinan Surat

Salinan dari surat tersebut hanya diberikan kepada nan berkuasa dan juga memerlukannya, yang  dapat dinyatakan dengan langkah memberikan sebuah alamat nan dituju alias dimaksud pada bagian tembusan. Salinan dari surat dinas ini di haruskan untuk mempunyai batas, dan juga hanya untuk suatu kebutuhan sebagai mana nan di jelaskan berikut ini :

  • Salinan tembusan merupakan sebuah salinan surat nan biasanya disampaikan kepada seorang pejabat, nan mempunyai keterikatan atas surat tersebut
  • Salinan laporan merupakan sebuah salinan surat nan biasanya disampaikan dalam corak laporan kepada seorang pejabat nan berkuasa di dalam sebuah perusahaan ataupun lembaga terkait.
  • Salinan untuk pengarsipan merupakan sebuah salinan surat nan bakal disimpan untuk kepentingan pemberkasan ataupun arsip.

7. Tingkat Keamanan

  • Jika surat tersebut mempunyai tingkat keamanan sangat rahasia, biasanya disingkat dengan singkatan SR. Sebuah surat nan mempunyai tingkat keamanan sangat rahasia berisikan kan hal-hal nan bersangkut paut dengan keamanan dan juga keselamatan sebuah negara. Yang jika surat itu disiarkan bisa menimbulkan bentrok konflik ataupun persoalan dan dapat membahayakan keselamatan dan juga keamanan dari sebuah negara
  • Jika surat tersebut mempunyai tingkat keamanan rahasia, biasanya disingkat dengan singkatan R. Sebuah surat nan mempunyai tingkat keamanan rahasia berisikan mengenai hal-hal nan bersangkut paut dengan keamanan dari suatu negara. Jika surat tersebut disiarkan dengan tidak sah ataupun jatuh ke tangan orang nan tidak bertanggung jawab, maka negara bakal di rugikan.
  • Jika surat tersebut mempunyai tingkatan keamanan biasa, biasanya disingkat dengan singkatan B. Sebuah surat nan mempunyai tingkat keamanan biasa merupakan sebuah surat nan dapat disampaikan kepada seseorang nan tidak mempunyai kepentingan alias hubungan dengan surat tersebut.

8. Kecepatan Dalam Penyampaian

  • Sangat segera ataupun kilat, Surat nan diharuskan untuk mempunyai kecepatan penyampaian kilat, biasanya disampaikan pada hari nan sama setelah melakukan sebuah penandatanganan di dalam surat tersebut.
  • Segera , Surat nan kudu dikirimkan dengan segera merupakan surat nan kudu disampaikan dalam kurun waktu 2 x 24 jam.
  • Biasa, Yang termasuk kedalam kategori Surat biasa adalah sebuah surat nan yang tidak mempunyai sebuah agensi,  dan dikirim alias disampaikan kan sesuai dengan urutan nan diterima oleh bagian pengiriman.

Contoh Surat Dinas

Contoh Surat Dinas

Contoh Surat Undangan

PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT

DINAS PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH AKHIR  ( SMA ) NEGERI 1 KOTA BOGOR

Jl. Raya Bogor, No. 45, Kota Bogor

________________________________________________________

Bogor, 8 Juli 2012

Nomor : 576/SMK1/2012

Lampiran : –

Perihal : Bincang – bincang ramadhan

Kepada yth.

Orang tua dan juga wali murid

SMK NEGRI 1 KOTA BOGOR

Assalamu’alaikum Wr. Wb.,

Tidak terasa bahwasannya kita bakal memasuki bulan nan penuh berkah ialah bulan Romadhon. Kami segenap pengurus OSIS bakal mengadakan sebuah kegiatan berupa pesantren kilat alias nan biasa disebut dengan sanlat, serta turut mengundang bapak serta ibu dari orang tua siswa SMK NEGRI 1 KOTA BOGOR. Kegiatan ini bakal di laksanakan pada :

Hari / tanggal : Kamis/ 15 Juli 2012

Tempat : Aula SMK NEGRI 1 KOTA BOGOR

Acara : Diskusi pengadaan kegiatan sanlat

Mengingat bakal pentingnya kegiatan ini,  Kami sangat mengharapkan kehadiran dari bapak dan juga Ibu ataupun wali siswa dari siswa SMK NEGRI 1 Kota Bogor. Sekian surat ini kami buat untuk mengundang bapak beserta ibu. Mohon maaf jika ada kekurangan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Mengetahui,

Ketua OSIS SMK NEGRI 1 KOTA BOGOR

Ramadhan adit prabowo

 

Surat Dinas Osis

OSIS SMP WINDIAN NUGRAHA

Jl. Mekar Saluyu, No. 168, Kelurahan cilendek barat, Kec. Bogor Barat, Kota bogor.

Tlp. (021) 643927138, Email : Smpwindiannugraha12345@gmail.com

________________________________________________________

Bogor, 13 Februaru 2015

No Surat : IX/DIV3/106

Perihal : Pemberitahuan

LAMPIRAN : –

Kepada Yth

Orang tua dan juga wali murid

SMP WINDIAN NUGRAHA

Di tempat

 

Assalamualaikum wr.wb

Buka sehubungan dengan bakal diadakannya kegiatan penyerahan kedudukan dari pengurus OSIS tahun 2014, Kepada pengurus osis tahun 2015. Kami selaku pengurus OSIS SMP Windian Nugraha bakal menggelar kegiatan serah terima kedudukan nan bakal dilaksanakan pada :

Hari, Tanggal : Kamis, 20 februari 2015

Tempat : Lapangan utama Smp Windian Nugraha

Waktu : 08.00 S / D Selesai

Mengingat bakal pentingnya kegiatan ini,  Kami sangat mengharapkan kehadiran dari bapak serta Ibu ataupun wali siswa dari siswa SMP Windian Nugraha. Sekian kami buat surat ini dengan penuh rasa hormat,  Mohon maaf andaikan tetap terdapat banyak sekali kekurangan di dalam surat ini.  Sekian dari kami,

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Penanggung jawab

Ketua Osis

Sahma alini putri

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan kami mengenai pengertian surat dinas nan meliputi unsur-unsur, karakter ciri,  jenis, kegunaan dan tujuannya, dan tetap banyak lagi. Semoga ulasan kali ini dapat faedah untuk Anda para pembaca setia blog Spacetoon.co.id.

Terimakasih telah membaca ulasan ini sampai dengan akhir, semoga kalian semua senantiasa selalu ada dalam lindungan nan maha kuasa. Mohon maaf jika ada kekurangan, sampai bertemu di ulasan kami selanjutnya

The station Surat Dinas, Pengertian, Struktur, Fungsi, Ciri dan Contohnya appeared archetypal connected Spacetoon.co.id.ID.

Informasi - sultranesia.id
Atas