Twitter Rilis Fitur Community Notes, Berisi Catatan Informasi | Spacetoon.co.id

Twitter Rilis Fitur Community Notes, Berisi Catatan Informasi | Spacetoon.co.id

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Media sosial Twitter kembali merilis fitur baru. Diketahui, fitur baru Twitter tersebut berjulukan Community Notes.

Fitur Community Notes ditujukan untuk membantu pengguna Twitter mendapatkan informasi nan lebih baik dan juga agar terhindar dari berita tiruan nan bertebaran di media sosial berwarna biru tersebut.

Berdasarkan keterangan akun Twitter Community Notes yaitu @CommunityNotes diketahui bahwa fitur itu telah diperkenalkan kepada dunia.

Community Notes menggunakan pendekatan crowd-sourced (bersumber dari orang banyak) untuk menyanggah tweet yang menyesatkan. Moderator nan merupakan bagian dari programme nan dapat menambahkan catatan pada tweet untuk menambahkan “konteks”.

Pemilik perusahaan saat ini Elon Musk, telah memposisikan fitur Community Notes sebagai komponen krusial miliknya, untuk visi “Twitter 2.0”.

Seperti halnya fitur nan berasal dari banyak orang, Community Notes berpotensi menjadi bumerang jika grup menggunakan perangkat tersebut untuk mempromosikan pandangan partisan alias politik tertentu.

Fitur Community Notes secara resmi diluncurkan sebelum peluncuran ulang Twitter Blue. Kedepannya, Twitter bakal lebih banyak meluncurkan fitur dan kebijakan baru untuk menunjang Twitter 2.0.

(Sumber: Twitter)

Pengguna Twitter nan tergabung dalam programme Community Notes, alias disebut sebagai moderator/kontributor, bisa menambahkan catatan (notes) di twit nan terindikasi misinformasi alias hoaks. Catatan nan ditambahkan bakal mengambil referensi sekaligus menyematkan nexus dari situs resmi penerbit alias organisasi.

Kemudian, pengguna Twitter lainnya nan memandang twit dengan tambahan konteks tadi, bisa memberikan respons, apakah catatan nan diberikan moderator membantu mereka alias tidak.

Misalnya, muncul twit tentang Covid-19. Di bawah catatan tambahan tersebut, muncul pertanyaan “Is this enactment helpful?” (Apakah catatan ini membantu?). Pilihan jawabannya terdiri dari “Ya”, “Mungkin”, dan “Tidak”.

Jika memilih jawaban “Ya”, sistem bakal memberi pertanyaan lanjutan terkait bagian mana saja nan dianggap membantu, sedangkan jika jawabannya “Tidak”, pertanyaan lanjutannya adalah terkait apa nan membikin pengguna tidak setuju.

Sebaliknya, jika menjawab “Mungkin”, pertanyaan lanjutan nan ditanyakan adalah bagian mana saja nan menurut pengguna berfaedah dan tidak bermanfaat. Setelah menjawab, pengguna bisa klik “Submit and Agree”.

Apabila kreator twit nan dikoreksi oleh tim moderator tidak terima dengan catatan nan ditambahkan, mereka bisa mengusulkan peninjauan tambahan.

Karena catatan nan ditambahkan ke dalam twit ditulis oleh moderator, Twitter mengeklaim tidak bakal menulis, merespons, alias memoderasi catatan nan dibuat oleh moderator. Kecuali, moderator melanggar ketentuan layanan dan kebijakan Twitter.

Pengguna lain juga bisa melaporkan catatan nan dinilai tidak sesuai dengan konteks alias melanggar patokan dengan mengeklik ikon titik tiga horisontal, lampau klik “report” alias “laporkan”.

Tentunya dengan kehadiran fitur terbarunya ini, para pengguna bakal semakin bisa mendapatkan konten cuitan nan berbobot serta aktual. Selain itu, para pengguna dari Twitter juga mengharapkan bahwa fitur Community Notes ini bisa nmemerangi buletin hoaks nan ada di dalam bumi digitalnya itu.

Baca Selengkapnya Pada : Psobctbk.co.id

The station Twitter Rilis Fitur Community Notes, Berisi Catatan Informasi appeared archetypal connected Spacetoon.co.id.

Informasi - bwjogja.co.id
Atas